Pelatihan Volunteering di RPTRA KKO

Mengawali tahun 2020, Komunitas Belajar Bengkel Kreasi (KBBK) TIC menyelenggarakan pelatihan volunteering sehari penuh di RPTRA KKO. Acara yang berlangsung pada Ahad 12 Januari 2020 tersebut dipandu oleh Coach Barlian Juliantoro dari NICE Foundation. Agenda yang diangkat meliputi Membangun Rencana dan Tindakan Strategis, Merekrut dan Melatih Volunteers, dan Menerapkan Kampanye Pemasaran Sosial.

Membangun Rencana dan Tindakan Strategis

Dasar dari pembuatan rencana adalah menggunakan VMOSA, apa sih VMOSA itu?

Yep, VMOSA singkatan dari Vission, Mission, Objective, Strategy, dan Action Plan. Coach bukan hanya memberikan penjelasan aja loh, tapi langsung dipraktekkan mulai dari bagaimana membuat perencanaan volunteering hingga melakukan tindakan strategis.

Game: Mengkomunikasikan Ide Lewat Gerak

Di tengah-tengah merumuskan VMOSA, teman-teman relawan ditantang sebuah permainan mengkomunikasikan ide lewat gerak. Secarik kertas diberikan kepada setiap kelompok, kemudian kelompok lain harus menebak kata yang terdapat di kertas tersebut. Tidak boleh diucapkan dengan mulut, tapi disampaikan melalui gerakan. Kelompok relawan dinyatakan berhasil ketika gerakannya dapat ditebak oleh kelompok lain. Kamu tau ngga, semua kata berhasil ditebak loh! 👏

Merekrut dan Melatih Volunteers

Tidak hanya sampai merumuskan VMOSA, teman-teman relawan juga diajak untuk melakukan simulasi dan merekrut orang lain untuk menjadi relawan dalam organisasi yang telah dibentuk di setiap kelompok. Setiap kelompok yang telah menyelesaikan penyusunan rencana dan strategi ditantang untuk merekrut sebanyak mungkin relawan untuk ikut dalam kegiatan di organisasi.

Menerapkan Kampanye Pemasaran Sosial

Terakhir tapi bukan akhir adalah menerapkan kegiatan di masyarakat. Tidak jauh berbeda dengan produk komersial kebanyakan, produk sosial yang ditawarkan juga butuh melakukan pemasaran agar semua proses yang telah dikerjakan mulai dari perencanaan sampai dengan tindakan strategis dapat berjalan sesuai dengan harapan.